Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Wednesday, June 4, 2014

Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Kesehatan Kuku

Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Kesehatan Kuku - Kita sering di sibukkan ketika melakukan perawatan rambut atau perawatan kulit wajah yang bahkan bisa menguras banyak isi dompet. Namun ada satu bagian dari tubuh yang sering dilupakan kesehatannya yaitu kuku, padahal menjaga kesehatan kuku sangat penting karena dari sana bisa masuk berbagai penyakit ke dalam tubuh ketika kita makan menggunakan tangan.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Kesehatan Kuku
Ilustrasi perawatan kuku

Kuku memiliki tekstur yang tipis dan lentur untuk itu membutuhkan perawatan khusus, perawatan kuku tidak hanya dengan menjaga kebersihan memotong kuku tetapi juga dengan memberi nutrisi yang bisa kita dapat dari makanan.

Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kuku:

Kolagen
Kolagen dibutuhkan untuk menjaga elastisitas dan kekuatan juga kelenturan pada kuku termasuk meregenerasi sel kulit. Kolage bisa kita dapatkan dari makanan seperti jamur dan makanan yang berasal dari laut seperti rumput laut.

Zat polifenol
Polifenol membantu kuku lebih terproteksi dari papaaran sinar ultraviolet yang bisa merusak kuku dan jaringan DNA. Polifenol banyak terdapat dalam teh hijau.

Manganese
Manganese merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh kuku agar tidak mudah patah. Manganese banyak terkandung di dalam sayur bayam, gandum, kacang kacangan juga beras merah.

Vitamin A dan D
Vitamin A membantu proses pertumbuhan pada sel kuku banyak terdapat di dalam wortel, ikan tuna juga jenis ubi-ubian. Vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan radikal bebas.

Sedangkan vitamin D membantu menjaga tekstur dari kuku juga meregenerasi sel kuku juga sel kulit. Vitamin D banyak terdapat pada ikan laut, daging merah juga kacang-kacangan.

Itulah beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kuku.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Kesehatan Kuku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.