Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Thursday, May 15, 2014

Tips Membuat Jus Buah & Sayur Agar Lebih Sehat

Tips Membuat Jus Buah & Sayur Agar Lebih Sehat - Manfaat mengkonsumsi buah bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah sangat melimpah namun terkadang masih banyak orang malas makan buah-buahan. Untuk mengakali masalah ini solusinya buah bisa dibuat jus sehingga lebih praktis.

Tips Membuat Jus Buah & SAyur Agar Lebih Sehat
Tips Membuat Jus Buah & SAyur Agar Lebih Sehat

Minum jus tentu lebih praktis daripada makan buah secara langsung karena di dalam membuat jus kita bisa mencampur berbagai buah-buahan bahkan sayuran. Meskipun jus memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tetapi jika tidak dibuat dengan cara yang tepat bisa terjadi hal sebaliknya.

Berikut tips membuat jus agar lebih sehat.

Perhatikan alat pembuat jus
Pastikan semua alat yang terlibat dalam pembuatan jus sudah bersih atau dicuci dengan air mengalir dan jangan lupa cuci tangan. Ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi bakteri/kuman pada jus.

Kadar gula
Pada umumnya beberapa jenis buah sudah mengandung cukup gula seperti pepaya, stroberry, dan mangga. Jadi sebaiknya tidak usah ditambah gula apapun jenisnya karena jus tinggi gula kurang baik untu kesehatan gigi juga berisiko terkena penyakit diabetes.

Memilih buah
Dalam membuat jus hindari mencampur buah dengan kandungan gizi yang hampir sama contohnya tomat dengan jeruk, kedua buah itu memiliki kandungan yang serupa. Jika Anda tidak terlalu paham kandungan yang ada dalam masing-masing buah bisa dilihat dari warna jadi pilih warna yang berbeda untuk dicampur sebagai contoh terong [ungu] dengan mangga [kuning].

Tambahkan sayuran
Akan lebih sehat jika jus memiliki kandungan buah dan sayur. Sayur yang bisa ditambahkan dalam bahan baku jus adalah daun bayam atau brokoli karena memiliki kandungan antioksidan.

Volume air
Sebaiknya jus jangan terlalu pekat yang menandakan minimnya jumlah air di dalam jus. Tubuh kita membutuhkan banyak air jadi buatlah tekstur jus tidak terlalu kental, tambahkan air jika itu terjadi sehingga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi.

Itulah beberapa tips membuat jus buah & sayur agar lebih sehat.

Tips Membuat Jus Buah & Sayur Agar Lebih Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.