Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Tuesday, March 19, 2013

Kandungan Gizi Dalam Buah Jeruk Dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Dalam Buah Jeruk Dan Manfaatnya – Jeruk adalah tumbuhan berbentuk pohon memiliki bunga yang nantinya akan berubah menjadi buah. Buah jeruk yang sudah dewasa akan memiliki daging berupa bulir-bulir yang didominasi oleh air, rasanya khas asam manis yang berasal dari zat asam sitrat yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Gizi Dalam Buah Jeruk Dan Manfaatnya
Buah Jeruk, Sumber: TribunNews

Selama ini buah jeruk secara umum diketahui mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan mulut. Selain mengandung vitamin C jeruk juga memiliki kandungan gizi lainnya yaitu:

Kandungan Energi

Buah jeruk juga memiliki kandungan energi seperti halnya nasi hanya saja jumlahnya lebih sedikit. Energi dibutuhkan oleh semua maklhuk hidup untuk metabolisme, karena energi yang dihasil oleh buah jeruk tidak tetrlalu besar maka buah ini tidak dimasukkan sebagai makanan pokok untuk sumber energi.

Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat tidak hanya terdapat dalam nasi ternyata jeruk juga mengandung karbohidrat namun tidak banyak. Karbohidrat berguna untuk menghasilkan energi 1 gr karbohidrat menghasilkan 4 kkal.

Kandungan Kalsium

Kalsium sudah umum dikenal baik untuk tulang. Kalsium bekerja bersama fosfor, vitamin D, vitamin D dalam pembentukan tulang. Konsumsi kalium berlebihan tidak baik bagi penderita batu ginjal dan batu empedu karena kalsium ikut berperan dalam pembentukan batu.

Kandungan Lemak


Lemak ternyata juga terdapat di dalam buah jeruk, karena dalam jumlah yang relatif kecil lemak jeruk kadang tidak diperhitungkan. Lemak sering “dituduh” sebagai penyebab berbagai penyakit padahal lemak juga memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai co-enzim yang membantu beberapa enzim dan vitamin bisa berfungsi dengan baik.

Berikut tabel lengkap kandungan gizi dalam buah jeruk:

Kandungan Gizi
Jumlah (dlm 100 gr)
Energi
28,00 kal
Protein
0,50 g
Lemak
0,10 g
Karbohidrat
7,20 g
Kalsium
18,00 mg
Fosfor
10,00 mg
Serat
0,20 g
Besi
0,10 mg
Vitamin A
160,00 RE
Vitamin B1
0,06 cg
Vitamin B2
0,03mg
Vitamin C
29,00 mg
Niacin
0,03 g


Kandungan Gizi Dalam Buah Jeruk Dan Manfaatnya.

Kandungan Gizi Dalam Buah Jeruk Dan Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.