Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Tuesday, March 19, 2013

Manfaat Papain Pada Pepaya Untuk Obat Luka Bakar

Manfaat Papain Pada Pepaya Untuk Obat Luka Bakar – Seperti halnya dengan pisang, pepaya adalah buah lokal yang mudah ditemui di Indonesia dengan harga relatif murah. Buah pepaya berbentuk agak lonjong berwarna kekuningan jika sudah matang, di dalamnya memiliki batu berwarna putih ketika masih muda dan berubah menjadi berwana hita ketika sudah memasukin masa siap petik.

Manfaat Papain Pada Pepaya Untuk Obat Luka Bakar
Getah Pepaya, Sumber: forestryimages.org

Selama ini yang banyak orang tahu bahwa buah pepaya bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi langsung baik dalam bentuk daging buah segar maupun diolah dalam jenis makanan dan minuman seperti jus. Namun ternyata ada manfaat lain dari buah pepaya yaitu sebagai obat luka bakar.

Manfaat Papain Pada Pepaya Untuk Obat Luka Bakar
Luka Bakar Ringan, Sumber: kolomjualbeli

Yang membuat pepaya bisa dijadikan sebagai obat luka bakar karena adanya kandungan papain dalam getahnya. Papain adalah enzim hidrolase sistein protease yang juga bermanfaat dalam pembangunan sel.

Buah pepaya yang digunakan sebaiknya yang masih muda karena memiliki kandungan getah lebih banyak, sebelum mengoleskan langsung ke daerah yang mengalami luka bakar sebaiknya oleskan dulu di tangan dan diamkan sekitar 10 – 15 menit ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya alergi terhadap getah pepaya.

Jika alergi terjadi agan timbul gejala gatal-gatal dan bintik merah di area yang diolesi getah pepaya, jika ini terjadi jangan oleskan di daerah yang mengalami luka bakar. Bila tanda-tanda alergi di atas tidak ada maka getah pepaya bisa dioleskan pada area yang mengalami luka bakar. Perlu diingat luka bakar derajat berat tidak cukup hanya dengan menggunakan getah pepaya karena membutuhkan penanganan intensive oleh tenaga medis - Manfaat Papain Pada Pepaya Untuk Obat Luka Bakar.

Manfaat Papain Pada Pepaya Untuk Obat Luka Bakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.