Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Monday, March 18, 2013

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Buah Pisang

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Buah Pisang – Buah pisang sangat populer di Indonesia selain mudah di dapat harganya juga relatif murah tidak seperti buah impor yang mahal harganya. Buah pisang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan kalau Saya sendiri suka pisang kukus. Buah pisang biasanya disajikan sebagai hidang “cuci mulut” tetapi Kita tidak boleh menganggap remeh karena buah pisang memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Buah Pisang
Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Buah Pisang

Buah pisang mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin B, juga serotonin. Dan ternyata ada lagi manfaat dan kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam buah pisang, yaitu:

Kandungan Serat

buah pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serat memudahkan kerja organ pencernaan khususnya usus. Peptin juga terdapat pada buah pisang yang sangat baik bagi pencernaan memperlancar kerja usus. Beberapa penelitian juga menunjukkan mengkonsumsi buah pisang mampu menurunkan resiko terkena kanker usus.

Kandungan Kalium

kalium atau potasium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, sangat dibutuhkan dalam fungsi otot dan saraf agar mampu bekerja dengan optimal.

Manfaat Pisang Bagi Ginjal

Pisang yang juga mengandung potasium sangat bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Potasium berfungsi sebagai penjaga keseimbangan kalsium di dalam urin [air kencing], senyawa fenolik antioksidan juga terdapat pada buah pisang sangat baik bagi ginjal.

Baik Untuk Tulang

Mungkin tidak banyak yang tahu jika pisang mengandung prebiotik bernama fructooligosaccharide, fungsinya membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan. Hal ini akan mempermudah penyerapan kalsium yang menjadi elemen penting untuk membangun tulang.

Tabel Komposisi Kandungan Gizi Pada Buah Pisang

Gizi & Nutrisi
% Berat Basah
Air
62 – 78
Gula ringkas
0,4 – 2
Bukan gula ringkas
1 – 4
Karbohidrat
18 – 25
Protein
0,1 – 0,2
Lemak
0,1 – 0,2
Vitamin
Isi Segar
Vitamin A
1,5 – 2,0
Thiamin [B1]
0,3 – 0,6
Niacin
6 – 12
Reboflavin [B2]
0,23 – 0,87
Pyridoxine [B6]
3,2
Vitamin C
20 – 240
Sumber
Dep. Pertanian

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Buah Pisang.

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Buah Pisang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.