Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Thursday, June 19, 2014

4 Gejala Tubuh Kelebihan Asupan Protein

4 Gejala Tubuh Kelebihan Asupan Protein - Protein bersama dengan lemak dan karbohidrat merupakan zat utama penghasil energi. Selain itu protein juga berfungsi sebagai pemelihara sel tubuh jika ada jaringan tubuh yang rusak seperti luka maka protein sangat dibutuhkan untuk meregenerasi sel jaringan tersebut.

4 Gejala Tubuh Kelebihan Asupan Protein
Ilustrasi obesitas karena kelebihan asupan protein

Karena begitu pentingnya peran protein di dalam tubuh tidak mengherankan jika berbagai produk kesehatan juga makanan di iklankan dengan tagline tinggi protein.

Kebutuhan asupan protein berbeda beda di setiap rentang usia. pada usia dewasa laki-laki dibutuhkan sekitar 60 gram dan untuk wanita dibutuhkan sekitar 50 gram. Namun beberapa penelitian menunjukkan dalam beberapa dekade terakhir terjadi peningkatan konsumsi protein di atas kebutuhan rata-rata per hari.

Banyak orang beranggapan karena protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dan mampu memperbaiki kerusakan sel tubuh maka mengkonsumsi protein dengan jumlah lebih banyak akan meningkatkan kualitas kesehatan padahal pemikiran seperti itu tidak tepat.

Kelebihan asupan protein bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Berikut 4 gejala tubuh kelebihan asupan protein:

Pemicu terjadinya obesitas

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa protein merupakan salah satu sumber kalori bagi tubuh jika asupan kalori melebihi batas kebutuhan masing masing individu itu berarti asupan kalori juga tinggi dan berpotensi menumpuk di dalam tubuh. Kalori yang tertimbun di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak.

Seseorang yang mengalami penumpukan lemak tidak hanya mengalami kegemukan tetapi juga berpotensi mengalami obesitas.

Penurunan kinerja ginjal

Fungsi utama ginjal adalah melakukan filtrasi pada darah membuang semua kotoran baik berupa ureum maupun sisa metabolisme lainnya. Ketika seseorang mengkonsumsi protein dalam jumlah tinggi maka secara otomatis kadar protein dalam darahnya juga akan meningkat hal ini akan menambah beban kerja pada ginjal ketika melakukan filtrasi atau penyaringan. Tidak hanya berisiko menyebabkan penurunan kinerja pada ginjal tetapi protein juga menjadi pantangan bagi penderita gangguan atau gagal ginjal.

Dehidrasi

Pada orang yang tubuhnya dipenuhi oleh lemak terlihat lebih gemuk sehingga kesan yang di timbulkan memiliki banyak cadangan air padahal sebenarnya mereka kekurangan cairan karena sebagian besar dari jaringan tubuh mereka dipenuhi oleh lemak. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila orang gemuk sangat mudah merasa haus.


Penyakit arthritis

Arthritis adalah gangguan metabolisme protein dimana produk hasil metabolisme protein menumpuk di dalam tubuh khususnya pada persendian atau jari baik jari kaki maupun tangan. Gejalanya berupa nyeri persendian pada jari dan terjadinya pembengkakan.Pada penderita penyakit arthritis sangat diwajibkan untuk menghindari makanan yang mengandung tinggi protein seperti kacang kacangan dan daging merah.

Itulah 4 gejala tubuh kelebihan asupan protein.

4 Gejala Tubuh Kelebihan Asupan Protein Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.