Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Monday, June 23, 2014

Manfaat Kandungan Gizi Pada Sayur Sayuran

Manfaat Kandungan Gizi Pada Sayur Sayuran - Sayur memang bukanlah bahan makanan yang memiliki rasa tidak lebih sedap daripada daging namun manfaat kandungan gizi pada sayur sayuran bisa jadi lebih baik dibandingkan dengan daging. Sayur biasanya jenis makanan yang sering ditolak oleh anak anak padahal sayur merupakan sumber beberapa zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Kandungan Gizi Pada Sayur Sayuran
Manfaat Kandungan Gizi Pada Sayur Sayuran

Terkadang antara sayur dengan daging memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Salah satu contohnya adalah daging mengandung protein sedangkan beberapa jenis sayuran juga mengandung cukup protein seperti sayur jagung, namun bedanya adalah pada daging termasuk pada protein jenis hewani sedangkan pada sayuran termasuk jenis nabati.

Beberapa manfaat kandungan gizi pada sayur sayuran diantaranya

Mencegah terjadinya gangguan pencernaan
Dibandingkan dengan daging sayur memiliki kandungan serat jauh lebih banyak. Serat berfungsi membantu pencernaan makanan di usus halus dan usus besar, dimana makanan yang kita konsumsi dibuat menjadi lebih lunak sekaligus mempermudah ekskresi cairan di dalam usus besar agar sisa makanan yang sudah diserap oleh tubuh [feces] bisa menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari perut.

Menjaga kesehatan kulit
Seperti buah di dalam sayur juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri memiliki manfaat menjaga tubuh terhindar dari serangan penyakit dengan cara kerja meningkatkan daya tahan tubuh. Karena daya tahan tubuh paling depan terletak pada kulit sebagai proteksi dari zat berbahaya seperti radikal bebas yang berasal dari luar maka kulit merupakan salah satu jaringan yang diperkuat bertahannya oleh antioksidan.

Di samping antioksidan sayur juga memiliki zat fitonutrien, air, juga vitamin C. Ketiga zat ini membantu memelihara kesehatan kulit membuatnya tetap lembab dan elastis, termasuk melindungi kulit dengan berfungsi sebagai tabir surya.

Meningkatkan ketahanan psikologis
Jika masakan dari olahan daging cenderung memiliki efek samping negatif bagi tubuh khususnya daging merah makan sedikit berbeda dengan sayur. Dengan mengkonsumsi sayur bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Karena di dalam sayur terkandung zat gizi lemak omega 3 juga vitamin B yang mampu menurunkan tingkat kecemasan juga depresi.

Itulah beberapa manfaat kandungan gizi pada buah sayur bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kandungan Gizi Pada Sayur Sayuran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.