Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Saturday, November 23, 2013

Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi Pada Anak

Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi Pada Anak - Pemenuhan kebutuhan gizi merupakan masalah premier pada usia anak-anak, data menunjukkan di Indonesia saja ada sekitar 18% anak mengalami kekurangan gizi atau gizi buruk [data Riskesdas 2010]. Yang menjadi masalah bukan hanya kekurangan gizi tapi juga kelebihan berat badan yang mencapai angka 14%.

Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi Pada Anak
Memenuhi Kebutuhan Gizi Pada Anak

Masalah ini membutuhkan perhatian lebih tidak hanya pemerintah saja tetapi juga dari para orangtua hendaknya mengerti bagamaina memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang bagi anak. Berikut ada beberapa tips memenuhi kebutuhan gizi pada anak:

Kenalkan makan sehat sejak usia dini

Pengenalan makanan sehat dan bergizi bukan hanya dimulai saat anak baru mengkonsumsi makanan tambahan tetapi sejak semasih dalam kandungan. Dalam artian ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi sehingga kebutuhan gizi si bayi bisa terpenuhi.

Sajikan makanan yang beragam

Anak cenderung cepat bosan dengan satu jenis makanan untuk itu coba berikan jenis makanan yang beragam. Beragam bukan hanya berbeda jenis tetapi juga warna. Sebagai contoh jangan sajikan hidangan dengan daging ayam secara terus menerus, sesekali hidangkan ikan atau tahu tempe untuk mendapatkan gizi yang lebih bervariasi, tidak perlu mahal yang penting padat gizi.

Libatkan Anak dalam penyajian makanan

Menyajikan makanan bersama anak sangat baik dalam pemahaman si anak terhadap makanan bergizi. Tidak hanya saat menghidangkan tetapi termasuk juga ketika berbelanja ke pasar menambah ilmu si anak mana makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dan bagaimana memilih jenis makan sehat.

Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan referensi untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak. - Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi Pada Anak.

Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi Pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.