Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Sunday, August 18, 2013

5 Bahan Makanan Bergizi Baik Untuk Usia Balita

5 Bahan Makanan Bergizi Baik Untuk Usia Balita - Pada usia balita pertumbuhan fisik dan perkembangan mental/psikologis terjadi sangat cepat seperti perkembangan otak dan mulai tumbuh gigi, kondisi ini mengharuskan asupan gizi dan nutrisi haruslah optimal. Nutrisi bisa didapat dari berbagai bahan makanan baik hewani maupun nabati. Untuk itu pemilihan bahan makanan haruslah tepat misalkan jangan berikan makanan yang tinggi gula karena kurang baik untuk kesehatan gigi balita dan juga berpotensi menyebabkan kegemukan.

5 Bahan Makanan Bergizi Baik Untuk Usia Balita
Makanan Bergizi Baik Untuk Usia Balita

Berikut ini ada 5 bahan makanan bernutrisi baik untuk usia balita:

Nasi, Roti, Gandum, Sereal

Mengandung banyak karbohidrat yang nantinya akan diproses oleh tubuh menjadi energi untuk aktivitas balita yang cenderung aktif, selain tinggi karbohidrat terdapat juga vitamin, serat, mineral, dan protein nabati.

Sayur dan Buah

Kandungan serat dalam sayur dan buah membantu proses pencernaan pada balita, terdapat juga kandungan gizi lainnya seperti vitamin dan mineral untuk membantu proses tumbuh kembang.

Ikan, Daging, Telur, Kacang-kacangan

Protein adalah zat gizi dan nutri yang paling utama baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel. Balita membutuhkan bayak protein yang terkadung pada daging, ikan, dan kacang-kacangan.

Susu, Keju, Yoghurt

Produk dari susu mengandung banyak kalsium sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang pada balita juga membantu pembentukan gigi. Susu bisa berupa susu hewani dari susu sapi/kambing atau susu nabati dari kacang kedelai.

Mentega, Margarin, Minyak

Minyak yang mengandung mineral dan vitamin baik untuk perkembangan otak usia balita terutama minyak omega 3. namun perlu juga diperhatikan jangan terlalu banyak menggunakan minyak dalam masakan karena berpotensi menyebabkan kegemukan dan meningkatkan kolesterol jahat - 5 Bahan Makanan Bergizi Baik Untuk Usia Balita.

5 Bahan Makanan Bergizi Baik Untuk Usia Balita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.