Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Thursday, August 15, 2013

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil - Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dan gizi optimal untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin, pada masa kehamilan kebutuhan gizi dan nutrisi bisa meningkat rata-rata 15%. Ibu hamil akan mengalami penambahan berat badan dimana nutrisi yang dikonsumsi 40% digunakan untuk janin dan 60% untuk kebutuhan ibunya.

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil
Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil

Setiap individu memiliki takaran yang berbeda namun pada ibu hamil akan mengalami peningkatan kebutuhan kalori sekitar 15% itu menunjukkan asupan gizi dan nutrisi harus ditingkatkan. Sumber energi [kalori] utama diantaranya protein, karbohidrat, dan lemak yang bisa di dapat secara nabati maupun hewani.

Berikut adalah zat gizi dan nutrisi yang cukup vital dibutuhkan oleh ibu hamil:

Zat Kapur

Janin mengalami pertumbuhan fisik yang sangat cepat mulai pembentukan sel dan jaringan seperti tulang. Zat kapur adalah nutrisi yang membantu dalam pembentukan tulang dan menentukan nanti saat pembentukan gigi di usia balita. Sumber makanan yang mengandung banyak zat kapur adalah kacang-kacangan, susu, dan sayur hijau.

Fosfor


Fosfor dan zat kapur membantu dalam pembentukan tulang dan gisi. Sumber makanan yang banyak mengandung gizi berupa fosfor adalah daging, keju, susu.

Zat Besi

Ibu hamil juga mengalami peningkatan volume darah itu berarti terjadi juga peningkatan produksi sel darah merah. Zat besi menjadi bagian penting dalam pembentukan sel dalah merah yang dibutuhkan oleh janin dan ibunya. Sumber makanan yang banyak mengandung zat besi adalah telur, hati, ikan, sayur berwarna hijau, kerang, kacang-kacangan.

Yodium

Yodium adalah zat gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan mental dan pertumbuhan fisik janin. Sumber makanan yang banyak mengandung yodium adalah ikan laut, minyak ikan, garam beryodium.

Kalsium

Kalsium memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi bersama fosfor dan zat kapur. Sumber makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu dan keju.

Vitamin

Vitamin membantu dalam beberapa proses metabolisme dan kerja organ termasuk enzim dalam tubuh untuk itu kebutuhan vitamin pada ibu hamil haruslah terpenuhi. Vitamin A membantu pembentukan sel dan jaringan banyak terdapat dalam telur, hati, buah-buahan berwana kuning, wortel, sayur hijau. Vitamin B untuk pembentukan sel darah merah banyak terdapat dalam jagung, hati, gandung, nasi.

Vitamin C membantu pembentukan kolagen dan jaringan ikat banyak terdapat pada buah-buahan berwarna merah-kuning. Vitamin D berguna untuk pembentukan tulang dan penyerapan kalsium banyak terdapat dalam ikan laut, margarin, susu. Vitamin K membantu untuk mencegah perdarahan berlebihan melalui proses pembekuan darah banyak terdapat pada sayur berwarna hijau, pisang, telur - Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil.

Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.