Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Tuesday, March 24, 2015

Menyusui Di Malam Hari Bisa Melancarkan ASI

Menyusui Di Malam Hari Bisa Melancarkan ASI - Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi pokok bagi bayi usia 0 - 6 bulan jadi sangat tepat apabila saat ini pemerintah menyerukan agar ibu yang baru melahirkan memberikan ASI eksklusif pada bayi mereka. Selain sebagai sumber makanan ASI juga mengandung banyak sekali nilai gizi dan nutrisi seperti antibodi yang membantu bayi mampu bertahan dari serangan penyakit. Namun beberapa wanita yang baru saja melahirkan mengalami masalah produksi ASI kurang lancar sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan nutrisi pada bayi.

Menyusui Di Malam Hari Bisa Melancarkan ASI
Menyusui Di Malam Hari Bisa Melancarkan ASI

Sebenarnya ada tips sederhana agar produksi ASI tetap lancar dengan menyusui di malam hari. Mungkin ini juga sudah kodrat alam dimana kecenderungan bagi bangun di malam hari merasa haus dan harus segera disusui.

Salah satu alasan mengapa menyusui di malam hari bisa melancarkan ASI karena aktivitas hormon prolaktin mengalami peningkatan di malam hari.

Sekadar informa tambahan hormon prolaktin merupakan hormon dengan fungsi utama memproduksi Air Susu Ibu. Biasanya hormon prolaktin bekerjasama hormon oksitosin yang memiliki fungsi mengeluarkan Air Susu Ibu sehingga menjadi lebih lancar.

Jadi bagi ibu hamil yang memiliki masalah ASI kurang lancar sebaiknya jangan malas untuk bangun di malam hari menyempatkan diri untuk menyusui. Disamping membantu melancarkan ASI dengan rutin menyusui juga bermanfaat dalam mempercepat kontraksi uterus atau rahim sehingga ibu yang habis melahirkan bisa cepat kembali langsing.

Itulah alasan mengapa menyusui di malam hari bisa melancarkan ASI sehingga program pemberian ASI eksklusif bisa terwujud dan tentu sja menghindari pengeluaran susu formula yang harganya relatif mahal.

Menyusui Di Malam Hari Bisa Melancarkan ASI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.