Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Sunday, November 24, 2013

Manfaat Mikronutrien / Nutrisi Mikro Bagi Ibu Hamil

Manfaat Mikronutrien / Nutrisi Mikro Bagi Ibu Hamil - Wanita yang sedang hamil sering diistilahkan "berbadan dua" dalam artian memiliki cabang bayi di dalam rahimnya. "berbadan dua" bukan hanya kiyasan untuk menunjukkan bahwa sedang hamil tetapi bisa juga dalam pemenuhan nutrisi yang tentunya membutuhan lebih banyak nilai gizi.

Manfaat Mikronutrien / Nutrisi Mikro Bagi Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil

Sebelum pemahaman tentang pentingnya pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil memasyarakat kasus bayi kurang gizi atau bahkan sampai terjadi kematian ibu saat melahirkan banyak terjadi. Sekarang informasi dan penyuluhan tentang nutrisi bagi ibu hahil sudah mudah didapat namun terkadang ada yang masih belum memahami jenis dan manfaat nutrisi khususnya mikronutrien atau nutrisi mikro bagi ibu hamil.

Berikut beberapa nutrisi mikro dan manfaatnya:

Vitamin

Vitamin dibutuhkan sebagai koenzim, sedikit tapi sangat penting. Vitamin A memiliki manfaat dalam metabolisme lemak, pencegahan resistensi infeksi, dan pertumbuhan tulang, pada ibu hamil dibutuhkan sekitar 2.500 IU/hari. Vitamin B dan C membantu dalam pembentukan jaringan kolagen dan tulang, vitamin C dibutuhkan sekitar 90 mg/hari sedangkan vitamin D sekitar 200 IU/hari. Vitamin B6 merupakan nutrisi mikro yang memiliki manfaat sebagai pembentuk sel darah, pada ibu hamil dibutuhkan sekitar 2 mg/hari

Fosfor

Bersama dengan vitamin C dan D juga kalsium fosfor memiliki manfaat dalam pembentukan sel tulang agar lebih kuat, dibutuhkan sekitar 600 mg/hari bagi ibu hamil.

Zat besi

Bersama dengan vitamin B6 zat besi memiliki manfaat untuk pembentukan sel darah merah sehingga oksigen bisa ditransfortasi secara optimal ke seluruh tubuh. Dibutuhkan sekitar 13.5 mg/hari bagi ibu hamil.

Asam folat dan Magnesium

Asam folat sangat pentung untuk membangun rancangan DNA dan sel pada janin sedangkan magnesium membantu memperbaiki kerusakan sel. Asam folat dibutuhkan sekitar 600 mikrogram sedangkan magnesium 300 mg/hari.

Kalsium

Bersama dengan vitamin C dan D juga fosfor kalsium memiliki manfaat untuk pembentukan tulang yang lebih padat. Kebutuhan nutrisi mikro kalsium pada ibu hamil sekitar 1.000 mg/hari.

Itulah beberapa jenis dan manfaat nutrisi mikro bagi ibu hamil. - Manfaat Mikronutrien / Nutrisi Mikro Bagi Ibu Hamil.

Manfaat Mikronutrien / Nutrisi Mikro Bagi Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.