Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Thursday, April 20, 2017

Kandungan Gizi Nutrisi Jeruk Bali Besar Pomelo

Kandungan Gizi Nutrisi Jeruk Bali Besar Pomelo - Jeruk yang satu ini bentuknya memang tidak seperti pada buah jeruk lainnya dimana cenderung lebih besar yang sering juga disebut sebagai jeruk Bali meskipun secara langsung tidak berkaitan langsung dengan Bali. Untuk itulah disarankan disebut sebagai jeruk Pomelo (Pummelo)

Jeruk Pomelo masuk sebagai kategori jeruk dengan nama ilmiah Citrus Maxima.

Kandungan Gizi Nutrisi Jeruk Bali Besar Pomelo
Kandungan Gizi Nutrisi Jeruk Bali Besar Pomelo

Pohonnya relatif lebih besar dibanding dengan pohon jeruk lainnya dengan batang yang kokoh mampu beradaptasi pada daerah yang minim air dan cenderung lebih kuat terhadap hama penyakit.

Berikut ini beberapa kandungan gizi nutrisi yang ada di dalam buah jeruk Bali atau jeruk Pomelo:

KandunganUnitPer 100 gr
Airg89.10
Energikcal38
Proteing0.76
Lemak totalg0.04
Karbohidratg9.62
Serat totalg1.0
Kalsiummg4
Besi,Femg0.11
Magnesium, Mgmg6
Phosphorus, Pmg17
Potassium, Kmg216
Sodium, Namg1
Zinc, Znmg0.08
Vitamin C, total ascorbic acidmg61
Thiaminmg0.034
Riboflavinmg0.027
Niacinmg0.220
Vitamin B-6mg0.036
Vitamin B-12µg0
Vitamin A, RAEµg0
Vitamin A, IUIU8
Kolesterolmg0

Jika dilihat dari tabel kandungan gizi dan nutrisi dari jeruk Pomelo diatas bisa disimpulkan sebagian besar atau hampir 90% adalah air. Inilah mengapa dengan mengkonsumsi atau makan jeruk bali jeruk Pomelo bisa menghindari kita dari rasa harus termasuk dehidrasi.

Kandungan gizi terbesar kedua adalah energi dimana terdapat sekitar 38 kilo kalori dari 100 gram jeruk Pomelo. Energi tersebut didapat dari kandungan protein, total lipid, serta karbohidrat yang banyak terkandung di dalam buah jeruk Pomelo.

Untuk kandungan vitamin yang tertinggi adalah Vitamin C atau asam askorbat yaitu sekitar 61 mg per 100 gram. Karena vitamin C bersifat asam bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau tukak lambung sebaiknya membatasi mengkonsumsi buah ini. Terdapat juga kandungan thiamin termasuk vitamin A dalam jumlah kecil.

Kandungan gizi nutrisi berikutnya yang banyak juga terkandung di dalam buah jeruk Pomelo yaitu Potassium sebesar 216 miligram dari 100 gram. Manfaatnya bagi kesehatan bambu membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Buah jeruk Pomelo tidak memiliki kandungan kolesterol baik itu kolesterol jahat VLDL maupun kolesterol jenis lainnya sehingga tidak perlu takut bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi didalam darah ketika mengkonsumsinya bahkan buah ini cukup baik membantu mengurangi maupun menurunkan level kolesterol yang angkanya di atas 100.

Baca juga: 5 Gizi Penting Bagi Menopause

Jadi itulah kandungan gizi nutrisi buah jeruk Pomelo atau yang sebelumnya akrab disebut jeruk Bali.

Kandungan Gizi Nutrisi Jeruk Bali Besar Pomelo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.