Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Friday, March 27, 2015

Bahaya Kelebihan Asupan Protein

Bahaya Kelebihan Asupan Protein - Protein merupakan zat utama di dalam tubuh semua makhluk hidup. Setiap inti sel dibentuk oleh protein bersamaan dengan air jadi tidak bisa dipungkiri nilai gizi dan nutrisi pada protein sangatlah vital. Dalam kehidupan sehari-hari protein bisa kita dapat dari sumber makanan seperti daging dan kacang-kacangan atau minuman seperti minuman kacang hijau.

Begitu besarnya manfaat protein bagi tubuh kita maka asupannya harus terus terjaga karena kekurangan protein bisa berdampak buruk bagi tubuh. Namun ternyata tidak hanya kekurangan saja yang memiliki sisi negatif namun kelebihan asupan atau komsumsi gizi nutrisi protein juga bisa menimbulkan bahaya.

Bahaya Kelebihan Asupan Protein
Bahaya Kelebihan Asupan Protein

Berikut bahaya kelebihan asupan protein bagi tubuh.

Gangguan pencernaan
Beberapa jenis protein shake seperti pada susu biasanya juga mengandung jenis gula laktosa. Apabila jenis protein ini secara berlebihan maka itu juga berarti meningkatnya asupan laktosa dan efek negatifnya adalah terjadi gangguan pada organ pencernaan biasanya menyebabkan diare.

Potensi terjadi alergi
Kebanyakan kasus alergi terjadi karena dua faktor yaitu gangguan sistem imun dan juga kelebihan asupan protein. Tubuh yang seharusnya menerima protein sebagai zat pembangun terdeteksi menjadi zat yang berbahaya sehingga terjadilah reaksi alergi.

Penyakit persendian
Konsumsi protein berlebihan akan mengganggu proses metabolisme tubuh dimana hasil olahan protein dalam bentuk asam di dalam persendian. Hal ini menyebabkan pertumbuhan mengalami inflamasi atau peradangan menjadi bengkak dan nyeri, masyarakat umum biasanya menyebut dengan penyakit asam urat.

Gangguan ginjal
Jika dibandingkan dengan elemen lainnya yang ada di dalam tubuh zat gizi dan nutrisi protein memiliki ukuran relatif lebih besar. Apabila konsumsinya berlebihan maka akan dikeluarkan melalui urine dimana sebelumnya akan melalui proses filtrasi atau penyaringan di dalam ginjal. Meningkatnya asupan protein itu berarti meningkatkan beban kerja organ ginjal apabila situasi ini terjadi terlalu lama beresiko mengakibatkan gangguan gagal ginjal.

Kelebihan berat badan
Bersama dengan karbohidrat dan lemak protein adalah sumber energi atau kalori di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui apabila di dalam tubuh terjadi kelebihan asupan kalori [protein] maka akan disimpan dalam bentuk lipid atau lembaga. Inilah yang menjadikan kelebihan asupan protein berakibat pada bertambahnya berat badan atau bahkan bisa mengakibatkan obesitas.

Itulah beberapa bahaya kelebihan asupan protein, untuk itu penting bagi kita untuk selalu menjaga keseimbangan asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh.

Bahaya Kelebihan Asupan Protein Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.