Artikel Informasi Kandungan Gizi Nutrisi Buah, Sayuran, Makan, Minuman

Thursday, March 26, 2015

Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat

Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat - Alpukat merupakan buah dengan bentuk oval menyerupai buah pir, warnanya hijau muda namun setelah matang berubah menjadi agak kekuningan dan di dalamnya memiliki biji. Buah ini biasanya dijadikan bahan baku pembuatan minum jus alpukat, jenis minuman ini cukup banyak disukai oleh masyarakat selain karena rasanya yang enak juga memiliki kandungan gizi nutrisi berlimpah.

Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat
Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat

Berikut beberapa kandungan gizi nutrisi buah alpukat per 100 gr, bisa anda lihat pada tabel dibawah.

Kandungan
Jumlah
Kalori
85 kkal
Lemak
6.5 gr
Protein
0.9 gr
Karbohidrat
7.7 gr
Kalsium
10 gr
Vitamin C
13 mg
Fosfor
20 mg
Vitamin A
180 UI
Zat besi
0.9 mg
Air
85 gr
Sumber Direktorat Gizi DepKes RI [1981]

Vitamin A
Kandungan vitamin A sangat tinggi di dalam buah alpukat, seperti yang kita tahu salah satu fungsi utama dari vitamin A adalah menjaga kesehatan panca indra khususnya penglihatan atau mata. Selain itu manfaat juga untuk menjaga kesehatan kulit termasuk pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Kandungan air
Seperti halnya dengan jenis buah lainnya buah alpukat juga menyimpan banyak kandungan air didalamnya. Untuk tetap menjaga proses metabolisme tubuh kita sangat membutuhkan cairan yang didapat melalui minuman sayur dan buah. Di dalam tubuh air juga berperan aktif dalam menjaga keseimbangan suhu tubuh.

Kalori
Buah alpukat memiliki cukup kandungan kalori di dalamnya yaitu sekitar 85 kkal. Seperti halnya air kalori juga dibutuhkan untuk menjalankan proses metabolisme agar semua sistem bisa berfungsi dengan baik.

Fosfor dan kalsium
Jaringan padat seperti itulah juga otot dibentuk oleh beberapa zat dua diantaranya adalah kalsium dan fosfor. Kedua zat tersebut ternyata juga ada didalam buah alpukat.

Itulah beberapa kalimat gizi dan nutrisi dari alpukat. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung makanan olahan jus alpukat maupun es campur buah.

Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin
Powered by Blogger.